Burung Kacer (Oriental Magpie Robin)

BURUNG KACER

A. PENGERTIAN
Burungkacer (Magpie Robin)saatinitermasuksalahsatuburungfavorit di arena lomba. Dari sisisuaradangayatarung, burungkacermemilikitipikal yang hampirsamadenganburungmuraibatuyaitutipeFighter,ataugampangnaikdarahbilamendengarsuarakaceratausuaraburunglain.Sifatdariburungkacer yang mudahdimaster,suara yang merdu,mampumemberikansajiangayatarian yang indahsaatberkicau,penampilan yang atraktifsambilmembukatutupekordanharga yang masihralatifmurahmenjadikanburungkacermemilikitempattersendiri di hatiparapenghobiburung.
Secaraumum,di Indonesia burungkaceratau magpie Robin terbagiatasduaspesies,yaitukacerhitamatau yang lebihsering di sebutkacerjawatimur,yangmemilikinamailmiahCopsychussechellarumdankacerpoci / sekoci yang disebutjugakacerjawabaratataupunkacersumatera.perbedaan yang mencolokdarikeduajeniskacerinihanyaterdapatpadawarnabuluhitamdanputihnyasaja.
Copsychussechellarumataukacerjawatimur,buludari dada hinggadekatkloakaberwarnahitamsemua,dancopsychussaularisataukacerpoc,warnahitamhanyasampai di dada,kebawahnyahinggakloakaberwarnaputih.
Sementaraituadasatulagijenisburungkacer yang sangatmiripdengankacerpoci (copsychussaularis) yaitukacermadagaskar (Madagascar magpie robin) yang memilikinamailmiahcopsychusalbospecularis..walaupunmirip,namunkacermadagaskarmemilikiwarna yang hitamkebiru-biruanyaknipadabagianlehersebelahatas,punggungdanekor.
B.PEMAHAMAN TENTANG BURUNG KACER
                Seperti yang telahdijalaskandiatas,burungkacerterbagiatas 3 spesies,yaitu :
a.  kacerpoci (copsychussaularis)
b.  kacerhitam / jawatimur(copsychussechellarum)
c.  kacermadagaskar (copsychusalbospecularis)
Ciri-ciriumum :
a. kacerpoci / kacersumatera / kacerjawabarat
 (copsychussaularis )
                mempunyaiwarnahitampadakepala,lahersebatasdada,punggungdanekorbagianluar,
Penyebarannya : china,india,Nepal,Thailand,Indochina,philina,Malaysia,dan Indonesia.
Kacerjenisini paling banyakpeminatnya,terutamaparapehobiburungkicauan.dipasar-pasarburungketersiadanburunginimasihbanyak,halini di sebabkanpasokandarialam yang masihmelimpah.karenaitu,hargakacerpocimasihrelatifmurahjika di bandingkandenganjeniskacerlain.takayal,kacerjenisiniseringmenjadijawaralomba di kelasnya.
Keunggulankacerpociadalahdarisuaranya yang kerasdannyaring,cirikhas lain darikacerjenisiniadalah,suaranya yang lebih Kristal (jernih) apabiladiberiisian yang tepatdantentusajapintardalammenirukansuara-suaraburung yang ada di sekelilingnya
b. kacerhitam / jawatimur
(copsychussechellarum)
                warnakepala,dada,punggung,danekorhitamsemua,warnaputihhanyaterdapatpadasebagiansayapnamunitujugahanyabagianluarnyasaja.
                Kacerhitam, saatinisudahmulailangka di pasaran,halini di sebabkankarenapasokandarialam yang memangsudahmenipis.halinilah yang memicutingginyahargakacerjenisini.parapehobikurangberminatdengankacerjenisini,disebabkankarenaadanyapendapatumum yang mengatakanbahwa volume suarakacerhitamkalah di bandingkankacerpoci.memangtipikalburunginihanyabersuarasedang,namunkacerhitamtetapmampumengeluarkansuara yang merdudanpintarmenirukansuara-suaraburung yang ada di sekitarnya.
c. kacermadagaskar / Madagascar magpie robin
( copsychusalbospecularis)
                bagianlehersebelahatas,punggung,danekorberwarnahitamkebiru-biruan.kemampuanberkicaunya pun takkalahdarikeduasepupunyacopsychussaularisdancopsychussechellarum

Selaindariketigaspesieskacerdiatas,adasatujenisburungkacerlagi yang banyakberedar di kalanganpedagangdanparapehobi,yaitukacerblorok.jenisinimenurutbanyaktanggapan orang danparapenelitiadalahmerupakanhasilsilangantarakacerpoci (C.saularis) dengankacerhitam ( C.sechellarum ) yang terjadisecaraalami di habitat aslinya.
D.PENJABARAN  SPESIES

                Copsychussaularisataukacerpocisecaraumumterdiridari  9subspesies.
yaitu :
1. Saularis
Wilayah penyebaranhabitatnyadi  : Thailand, India, Nepal,  Malaysia danIndonesia
2. Andamanensis
Wilayah habitat penyebarannyadi :Kepulauan Andaman
3. Musicus
                   Wilayah habitat penyebarannyadi :Peninsular,Malaysiadan Thailand
4. Prosthopellus
                 Wilayah habitat penyebarannyadi : Hainan- China
5. Erimelas
                Wilayah habitat penyebarannyadari India ke Indonesia
6. Pluto
Wilayah habitat penyebarannyadi : Sabah – Malaysia dan Borneo – Indonesia
  7. Ceylonensis
                Wilayah habitat penyebarannyadi : India danSrilanka
8.  Adamsi
                Wilayah habitat penyebarannyadi : Sabah – Malaysia dan Borneo - Indonesia
9. Mindanensis
                   Wilayah habitapenyebarannyadi : Mindanao – Philipines

E.CIRI JANTAN DAN BETINA BURUNG KACER

                Secarafisik,cirijantandanbetinaburungkacersangatmudah di bedakan. Hal iniberlakuhanyauntukkacer yang sudahdewasa.
a. Jantan
- warnabulupada dada kepalahitammengkilat
    - suarakicauan yang bervariatif
b. Betina
    - warnabulupadakepaladan dada hitamcenderungkeabu-abuan.
    - suaramonoton
                Sementarauntukciri-cirikacer yang masihtrotolan (anakan) memangagaksedikitsusahuntuk di bedakanjantandanbetinanya,terutamabagiparapemula,halinitentuakanmembingungkan.tapibagipehobi yang memangsudahpahambetulakanciri- ciriburungkacer,sudahbarangtentuhalinibukanlahsebuahpermasalahanbaginya
berikutciri –cirijantandanbetinaburungkacer yang masihtrotolan .
a. jantan
    - semburatwarnahitampada dada danlehersudahmulaitampakmeskihanyasatuduabulusaja.
    - dibagianujungbulusayapterdapatsemburatwarnacoklatkemerahan.
b. Betina
    - padaleherdan dada berwarnagelapatauhitampudarkeabu-abu..







PEMBERIAN PAKAN DAN ASUPAN NUTRISI YANG BAIK.

A. PAKAN
                Point inilah yang paling penting,karenahidupdanmatiseekorburungkacertergantungdariasupannutrisidanpakan yang diberikan.,seorangpehobi yang barusajamembeliseekorburungbakalandaripasarburungdankeesokanburungtersebutmati.halsemacaminiseringkitajumpaipadaparapehobipemula.halinidisebabkankarenakurangnyapemahaman yang baiktentangpakan yang diberikan.
Padadasarnyapakanterdiriatas 2 jenis,yaitu :

1. pakanalami
                Maksuddaripakanalamiadalahjenis-jenismakananyang  biasadimakan di habitat aslinya.pakanutamaburungkaceradalahsejenisserangga yang ,antara lain : ulat,kroto (telursemut),jangkrikdanbelalang.tentusajahalinihanyaberlakuuntukburung-burung yang masihberada di alamliarnya.sebabburung yang sudahberada di tanganpehobiuntuk di peliharapakanuatamanyabukanlahsejenisserangga.seranggahanyasebagaipenunjangnutrisisaja.

2. pakan non alami (sintesis / buatan )
                Yaitupakan yang dibuatolehtanganmanusiadenganmencampurkanberbagaibahanuntukdiolahmenjadisebuahpakanburung.yangbiasadisebutsebagaipelet / voer.pelet / voersudahdiperkenalkansejajk 50 tahunterakhir,karenakandungannutrisidan protein yang tinggimaka orang lebihmemilihjenispakanini,dibandingkanjenispakanalami,sebabdiyakinilebihefektifdanefisienuntukkesehatanburung.

                Walaukandungannutrisidalamvoertersebutterbilangkomplit (Complete feed ),namunparapehobitetapmemberikanjenispakanalamisebagaitambahanprotein.taksedikitburungkacer yang takdoyanvoer,terlebihburung yang baru di tangkap / dijeratdarihutan.perluadanyasosialisasiterlebihdahulu.pointini yang benar-benarharusdiperhatikanolehparapehobi yang barusajamembeliburungbakalan.

B.CAIRAN AJAIB
                Sepertihalnyamanusia,burungkacer pun memerlukancairan yang di sebutair.setiaphariburungkacermemerlukan air minimal 1/3 daribagian tubuhnya.

picture burung kacer :








































































0 Response to "Burung Kacer (Oriental Magpie Robin)"

Posting Komentar